Jumat, 14 Februari 2014

Apa Sih Tugas Duta Wisata Itu?

Secara singkatnya, arti duta wisata sudah bisa kita ketahui.
Duta yang berarti tokoh / icon, dan wisata yang berarti segala hal yang berhubungan dengan kepariwisataan.
Dan bila digabungkan, Duta Wisata bisa diartikan sebagai Tokoh yang menjadi icon dalam masyarakat yang memahami benar segala aspek dalam pariwisata, baik obyeknya maupun subyeknya.
Duta wisata memiliki beberapa fungsi penting, diantaranya :
1. Menjadi pelopor dalam masyarakat akan pentingnya sadar wisata
2. Menjadi salah satu faktor dalam kemajuan dunia pariwisata
3. Menjadi media promosi pariwisata
4. Menjadi sarana dan prasarana masyarakat untuk mengenal segala hal dalam pariwisata

A. Duta Wisata Sebagai Pelopor Masyarakat
     Seorang duta wisata harus bisa mempelopori atau mengajak masyarakat untuk mengerti dan memahami akan pentingnya  pariwisata. Karena akan ada banyak hal nantinya yang bisa didapat suatu daerah dari bidang pariwisata. Berbagai hal positif nantinya akan diperoleh bila masyarakat bisa ikut berperan aktif dan salah satunya adalah tugas dari duta wisata tersebut akan terbantukan oleh para masyarakat agar pariwisatanya bisa dikenal oleh masyarakat umum. Karena semakin banyak pihak yang membantu mempromosikan, maka akan semakin besar pula persentase kemungkinan hal demikian bisa terjadi.

B. Duta Wisata Sebagai Salah Satu Faktor Kemajuan Pariwisata
    Duta wisata memiliki peran cukup penting bagi kepariwisataan. Dengan cara mempromosikan obyek-obyek wisata lewat berbagai media, itu dinilai cukup efektif untuk menarik sejumlah wisatawan untuk datang ke daerahnya tersebut.

C. Duta Wisata Sebagai Media Promosi
    Duta Wisata memang memiliki tugas yang sangatlah besar. Kemanapun ia berpergian, ia pun berkewajiban untuk tetap mempromosikan dan mensosialisasikan potensi-potensi yang ada di daerahnya. Dan dengan fungsinya sebagai media tersebut, duta wisata harus menguasai benar atas apa saja yang ada didaerahnya tersebut.

D. Duta Wisata Sebagai Prasarana Masyarakat
    Masih berkaitan dengan tiga sebelumnya, duta wisata juga harus bisa menjadi penghubung dan prasarana bagi masyarakat. Dengan demikian, hal-hal yang tidak diketahui oleh masyarakat bisa langsung ditanyakan kepada duta wisata untuk kejelasannya. Dengan berbagai sosial media yang sudah banyak sekali, masyarakat pasti lebih mudah untuk bisa berkomunikasi dengan para duta wisata.

Itulah beberapa hal yang saya ketahui tentang tugas dan fungsi dari duta wisata....
Salam pemuda nusantara....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar